Author : Admin
13 September 2022

Pernikahan ada salah satu momen penting dalam hidup seseorang. Tidak salah jika setiap orang, menginginkan pernikahan yang sempurna yang dapat di ceritakan kepada anak-anaknya kelak.
Pernikahan juga menjadi momen yang sangat sakral karena menyatukan dua keluarga, yakni antara keluarga dari pasangan pihak perempuan dengan pasangan dari pihak laki-laki. Oleh karena itu, hal yang wajar jika banyak yang perlu di persiapkan sebelum menyelenggarakan acara pernikahan.

Di Indonesia sendiri yang terkenal akan kultur dan budayanya yang beragam, pernikahan setiap daerah atau suku memiliki prosesi dan rangkaian acara masing-masing. Misalnya dijawa, sunda dan beberapa daerah lainya, ada proses sungkepan pernikahan yang menjadi tanda bakti dan hormat yang dilakukan pengantin kepada orang tua atau kepada keluarga yang lebih tua.

Kali ini linkundangan akan ingin memberikan tips, hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melangsungkan acara pernikahan.

Tentukan Tanggal Pernikahan

Menentukan tanggal pernikahan adalah hal yang penting, agar acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar. Memilih tanggal yang cantik adalah salah satu diantaranya, sehingga momen spesialmu mudah diingat dan akan lebih berkesan. Selain memilih tanggal yang cantik, kita juga perlu memastikan apakah sebagian besar orang yang kita undangan untuk menghadiri acara kita dapat hadir pada tanggal tersebut atau tidak, jangan sampai hanya karena kita kekeh untuk memilih tanggal tertentu namun orang-orang yang kita undang tidak dapat hadir memberikan do'a restunya kepada kita. Kemudian memilh hari yang baik untuk acara penikahan, semisal dalam agama Islam, bulan syawal adalah bulan yang dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan.
Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim dari istri nabi Aisyaah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا  berkata, Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ menikahiku pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama pada bulan Syawal.
Istri Rasulullah mana yang lebih beruntung dari diriku di sisi beliau.

Kita juga bisa mengajak kedua keluarga berdiskusi menentukan tanggal yang tepat untuk acara pernikahan kita.

Tentukan Tempat Acara Penikahan

Kami bisa menjadikan rumahmu sebagai tempat menyelenggarakan acara pernikahan yang tentu akan memangkas biaya yang cukup besar yang perlu kamu keluarkan. Dan sebagian besar pasangan diindonesia, menjadikan kediaman mempelai wanita sebagai tempat menyelenggarakan acara resepsi.
Namun jika kamu memiliki budget lebih dan tidak memperhitungkan masalah biaya, kamu bisa menggunakan jasa event orgenizer sehingga kamu tidak perlu dipusingkan lagi dengan dekorasi dan persiapan tempat.
Jika tidak ada event orgenizer di daerahmu mungkin kamu bisa menyewa aula desa untuk kami jadikan tempat menyelenggarakan acara resepsi pernikahanmu.

Memilih Jenis Hidangan Makanan

Memilih jenis makanan yang akan disajikan adalah hal yang penting untuk di pertimbangkan. Pilih jenis makanan yang sesuai budget dan sesuai dengan selera orang-orang yang hadir diacara pernikahanmu. 
Kamu bisa menyewa jasa penyedia catering agar lebih praktis dari pada memasak makanan sendiri. Namun jika dirasa dana yang kamu keluarkan tidak cukup, kamu bisa meminta tetangga sekitar untuk membantu menyiapkan makan yang akan dihidangkan di acara resepsi pernikahanmu.

Pilih Jasa Sewa Gaun Dan Rias

Jadilah ratu dan raja di acara pernikahanmu. Tentu kita ingin jadi sorotan dan pusat perhatian diacara pernikahan kita, terlihat cantik bagi pasangan wanita dan terlihat tampat berwibawa bagi pasangan laki-laki itu lah yang kita harapkan. Oleh karena itu pilihlah gaun dan kemeja yang cocok dengan postur tubuh kita. Untuk memangkas budget pengeluaran, kamu tidak perlu membeli atau bahkan membuat baju pengantin kamu sendiri karena tentu hanya akan kita pakai pada saat acara pernikahan, solusi terbaik adalah dengan menyewa gaun dan rias pengantin yang tentunya jauh lebih murah.

Menyusun Rangkaian Acara

Susun acara dengan sebaik mungkin agar dapat berjalan dengan lancar, siapkan planing A dan planing untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diharapkan.
Susun acara semenarik mungkin agar yang hadir dalam acara pernikahanmu dapat menikmati setiap momen yang kita berikan. Jika didaerahmu mengharuskan untuk melakukan adat tertentu, kamu bisa memasukannya kedalam rangkaian acara.

Menyediakan Souvenir

Sebagai tanda terimakasih kepada para tamu undangan, kamu bisa menyediakan souvenir pernikahan. Souvenir yang menarik dan istimewa tentu akan membuat tamu kita merasa senang dan dihargai.
Contoh souvenir yang bisa kamu sediakan dengan budget murah yaitu, gunting kuku, gantungan kunci, gelas, dan yang lainnya.

Siapkan Dana Tak Terduga

Meskipun kita sudah mempersiapkan acara sematang mungkin, tentu tidak ada salahnya kita kita mempersiapkan dana untuk hal yang diluar perencanaan agar acara kita dapat berjalan lancara dan biaya yang kita sediakan tetap aman.

Menyediakan Undangan Pernikahan

Terakhir yang tak kalah penting adalah menyiapkan undangan pernikahan. 
Undangan pernikahan adalah cara untuk menginformasikan acara yang akan kita selenggarakan kepada orang lain. Untuk memangkas biaya yang dikeluarkan, kamu bisa menggunakan undangan online untuk menginformasikan acara pernikahanmu.
Banyak kelebihanan jika kita menggunakan undangan online diantaranya,

  1. Biaya lebih murah, karena tidak tergantung berapa jumlah penerima undangan
  2. Undangan bisa sampai lebih cepat dan tidak perlu khawatir tidak sampai kepada penerima
  3. Dapat dikirim kepada orang yang jauh
  4. Dapat dishare di media sosial
  5. Lebih interaktif karena penerima undangan dapat memberikan doa dan mengkonfirmasi apakah dapat hadir atau tidak

Dan masih banyak keunggulan lainnya dari undangan online dibanding undangan konvensional.
Salah satu platform penyedia undangan online terbaik adalah linkundangan.com karena bukan hanya murah tapi linkundangan.com menyediakan versi gratis dan benar-benar gratis tanpa trial.
Dan fitur-fitur yang diberikan juga sangat lengkap, mulai dari quick share, balas ucapan, buku tamu, tiket masuk acara, grapik pengunjung, hapus kredit dan masih banyak fitur lainnya.
Membuat undangan dilinkundangan tidak lebih dari 5 menit dan sangat mudah karena sistemnya otomatis dan cukup menggunakan ponsel pintar.

Itu dia beberapa tips dari linkundangan sebelum menyelenggarakan acara resepsi pernikahan.
Dengan budget murah kamu dapat menyelenggarakan acara resepsi pernikahan yang mewah dan wah..

Sebelumnya
Kamu Sedang Membaca Artikel Terakhir
Komentar
Silahkan login terlebih dahulu untuk berkomentar!
Login